Belajar & Berbagi

Membuat Halaman Naskah di Corel Draw

--Awal Perubahan--
--KODE ADSENSE 1 HASIL PARSE--
Membuat halaman naskah menggunakan corel draw biasa digunakan untuk membuat lembar koran atau majalah atau bulletin.


Biasanya untuk membuat koran atau majalah atau bulletin bisa menggunakan corel draw, sebenarnya selain aplikasi corel draw masih banyak program aplikasi yang lain yang bisa digunakan.

Namun pada kesempatan ini akan mencoba membuat lembar naskah menggunakan corel, adapun langkah-langkah yang harus di persiapkan :

1. Tentukan terlebih dahulu ukuran kertas yang akan digunakan, karena biasanya antara majalah atau koran atau bulletin tergantung dari ukuran kertas yang dijadikan media untuk pencetakan. Untuk menentukan ukuran kertas kita bisa klik menu layout kemudian page setup. Tentukan kertas yang akan digunakan misalnya akan menggunakan kertas ukuran A4 dan satuannya menggunakan Centimeter.
2. Buat kotak seukuran dengan ukuran kertas, dengan cara double klik pada Rectangle Tool maka otomatis akan terbentuk kotak yang seukuran dengan kertas yang digunakan.

3. Kerena kita akan membuat Setengah Halaman Naskah A4 , kita rubah ukuran objeck kotak tadi menjadi 14,5 



4. Ketik Tulisan JUDUL gunakan text tool, caranya klik text tool kemudian klik di area drawing page, tambahkan efek countour.

5. Buat garis lurus, kemudian di lengkungkan kalau garisnya sudah lengkung sesuai keinginan, kemudian kita klik teks tool dan tempatkan teks yang akan di ketik di atas garis lengkung tadi.
6. Atur jenis huruf dan besaran huruf dengan memperhatikan yang ada di properties bar

7. Langkah selanjutnya adalah klik teks tool kemudian drag pada area drawing page, yang akan kita buat sekarang Text Paragraph, perbedaan antara teks paragrapah dan teks artistic adalah pada saat menempatkan object cursor di drawing page, kalau menempatkan drawing page dengan cara di klik saja berarti yang akan dibuat adalah text artistic namun apabila pada saat meletakan cursor di drawing page dengan cara di drag maka text yang terbentuk adalah teks paragraph.

Sekarang buatlah teks paragrapah seperti gambar dibawah ini.


8. Apabila dalam sebauh paragraph masih terdapat teks yang tersisa yang tidak bisa di perlihatkan, ditandai dengan tanda segitiga yang tajam ke bawah seperti gambar dibawah ini.

adapun solusinya adalah kita bisa membuat lagi teks paragraph sebagai tempat menampung sisa teks yang belum terlihat.

Buat terlebih dahulu area teks paragraph kemudian klik segitiga yang lancip kebawah tadi, kemudian drag ke teks paragrapah yang kosong seperti gambar dibawah ini.

9. Buat lingkaran dengan menggunakan elliptical tools, dan import sebuah gambar dengan cara klik menu file kemudian import, atur besaran gambar dengan lingkaran yang ada.



10. Kemudian Klik gambar, menu object kemudian klik power clip klik place insert frame dan arahkan kursor ke object lingkaran, seperti gambar dibawah ini.

11. Kemudian klik teks tool dan tempatkan di atas lingkaran, ketikkan tulisan PERSIAPAN ASC, makan tulisan akan mengikuti lingkaran, dan atur posisi teks pada lingkaran di properties bar.




12. Agar gambar tidak menutupi tulisan paragraph yang ada di belakangnya klik gambar kemudikan klik kanan pilih wrap paragraph.


13. Tekan F9 untuk melihat hasil dan esc untuk kembali ke tampilan edit.
14. Tambahkan tulisan penulis naskah di bagian bawah dengan menggunakan nama kalian masing-masing.


14. Simpan dokument dalam bentuk PDF dengan cara tekan tombol ctrl+ E atau klik menu file kemudian export, pada pilihin save type file pilih PDF, jangan lupa ketikkan untuk nama filenya OK.




--KODE ADSENSE 2 HASIL PARSE--
--Akhir Perubahan--
Share:

No comments:

Post a Comment

Social Media

Popular Posts

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Sponshorship

Labels