Belajar & Berbagi

Membuat Pivot Tabel

--Awal Perubahan--
--KODE ADSENSE 1 HASIL PARSE--
Pivot Tabel

Pernah mendengar tentang pivot tabel ?
Apa sebenarnya pivot tabel ?

Ternyata yang namanya pivot tabel tidak jauh dari namanya Ms. Excel, pivot tabel digunakan untuk menganalisa data tabel dengan tampilan yang lebih ringkas dengan tujuan tertentu sesuai dengan kebutuhan data yang ingin diambil.

Misalkan terdapat data tabel seperti berikut ini :


Dari Tabel di atas misalkan kita membutuhkan Data Penjualan Untuk Wilayah Tasikmalaya dengan melihat nama konsumen beserta TOTAL PENJUALANNYA.

Nah disini kita bisa melihat total penjualnnya.

Langkah-langkah untuk membuat Pivot Tabel sbb :
1. Siapkan tabel seperti diatas.
2. Klik tab insert kemudian piilih icon pivot table, akan muncul jendela seperti dibawah ini


3. Pilih Select a table or range ke tabel yang sudah kita buat, sehingga tabel yang kita buat akan digarisi dengan garis putus-putus yang berjalan. seperti gambar dibawah ini. PERHATIKAN ADA GARIS PUTUS-PUTUS.


4. Kemudian pilih New Worksheet dan klik OK, maka di layar akan muncul tampilan sebagai berikut :

5. Drag Wilayah ke Bagian Filter, Konsumen ke Columns dan Jenis Barang ke Rows dan Total ke Value. Maka tampilan akan terlihat seperti berikut :


Karena tujuan dari awal kita akan menganalisa Total pendapatan berdasarkan wilayah, sekarang kita tinggal klik / pilih dengan menekan list box wilayah tertentu  seperti gambar berikut 




Demikian salah satu membuat pivot tabel, semoga bermanfaat.




--KODE ADSENSE 2 HASIL PARSE--
--Akhir Perubahan--
Share:

No comments:

Post a Comment

Social Media

Popular Posts

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Sponshorship

Labels