Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa dalam kurikulum 2013 Untuk Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi tidak dikategorikan sebagai suatu rumpun Mata Pelajaran namun di masukkan ke dalam kategori Bimbingan, yang mana hal ini merubah ke dalam konteks penyusunan administrasi guru dalam membuat rencana pelaksanaan pengajarannya, yang sebelumnya di kenal dengan istilah Rencanan Pelaksanaan Pengajaran diganti dengan istilah Rencanan Pelaksanaan Bimbingan.
Maka bagi TIK berbeda dengan matapelajaran yang lainnya, Rencana Pelaksanaan Bimbingan ini merupakan salah satu tugas dari Guru TIK untuk membuat Rencana Pelaksanaan Bimbingan TIK sebelum melakukan bimbingan, Rencana Pelaksanaan Bimbingan TIK merupakan turunan dari Silabus yang sudah dibuat dan Rumusan Kompetensi yang sudah di konsep.
Untuk lebih jelasnya penjelasan tentang RPB (Rencana Pelaksanaan Bimbingan) sebagai berikut :
Maka bagi TIK berbeda dengan matapelajaran yang lainnya, Rencana Pelaksanaan Bimbingan ini merupakan salah satu tugas dari Guru TIK untuk membuat Rencana Pelaksanaan Bimbingan TIK sebelum melakukan bimbingan, Rencana Pelaksanaan Bimbingan TIK merupakan turunan dari Silabus yang sudah dibuat dan Rumusan Kompetensi yang sudah di konsep.
Untuk lebih jelasnya penjelasan tentang RPB (Rencana Pelaksanaan Bimbingan) sebagai berikut :
RENCANA PELAKSANAAN BIMBINGAN TIK
Tahun
Pelajaran 2017 – 2018
Kelas : X
Semester
: Ganjil
1.
Standar
Kompetensi : 1.
Memahami Perkembangan Perangkat Teknologi Informasi dan
Komunikasi
2.
Rumusan
Materi : Memahami Sejarah Perkembangan Teknologi
Komputer
3.
Materi
Pokok : - Cikal Bakal
Terbentuk Komputer
-
Teknologi
Yang Digunakan dalam Tiap Generasi Perkembangan Komputer
-
Perkembangan
Komputer Masa Depan
4.
Indikator : Menjelaskan sejarah perkembangan
komputer tiap generasi beserta teknologi yang digunakannya dan perkembangan
teknologi saat ini
5.
Bentuk
Bimbingan TIK : Klasikal / Kelompok / Individual
6.
Pendekatan :
7.
Deskripsi
materi : Menjelaskan 4 Generasi Perkembangan Komputer dan
perkembangan teknologi saat yang dipergunakan dalam kehidupan keseharian.
8.
Sasaran bimbingan
: Peserta Didik
9.
Tempat
penyelenggaraan : LAB KOM SMA ALMUTTAQIN
10.
Alokasi Waktu : 2
x 40 Menit
11.
Alat
perlengkapan yang digunakan : Komputer
15. Rencana penilaian : Sikap dan Pengetahuan
16.
Catatan :
RENCANA PELAKSANAAN BIMBINGAN TIK
Tahun
Pelajaran 2017 - 2018
1.
Standar
Kompetensi : 2.
Memahami
Sistem Kerja Komputer
2.
Rumusan
Materi : Mengetahui Alur Kerja Proses Komputer
3.
Materi
Pokok : - Menjelaskan Sistem Komputer
-
Menjelaskan Perangkat Keras dan Perangkat Lunak
Komputer
-
Menjelaskan tentang fungsi dan peran
control panel
4.
Indikator : Menjelaskan dan menunjukkan konsep sistem kerja
komputer
5.
Bentuk
Bimbingan TIK : Klasikal / Kelompok / Individual
6.
Pendekatan :
7.
Deskripsi
materi :
Sistem Kerja Komputer yang terdiri dari Hardware, Software dan Brainware
beserta alur kerja dan perangkat input proses dan output
8.
Sasaran
bimbingan :
Peserta Didik
9.
Tempat
penyelenggaraan : LAB
KOM SMA ALMUTTAQIN
10.
Alokasi Waktu : 2
x 40 Menit
11.
Alat
perlengkapan yang digunakan : Komputer
12. Rencana penilaian : Sikap dan Pengetahuan
13.
Catatan :
RENCANA PELAKSANAAN BIMBINGAN TIK
Tahun
Pelajaran 2017 - 2018
1.
Standar
Kompetensi : 2.
Memahami
Sistem Kerja Komputer
2.
Rumusan
Materi : Mengetahui berbagai macam perangkat lunak
3.
Materi
Pokok : - Menjelaskan tentang macam-macam perangkat lunak
-
Melakukan proses instalasi perangkat lunak
4.
Indikator : Menjelaskan macam-macam software dan demonstrasi
langkah instalasi software
5.
Bentuk
Bimbingan TIK : Klasikal / Kelompok / Individual
6.
Pendekatan :
7.
Deskripsi
materi :
Macam-macam software berdasarkan fungsinya serta melakukan instalasi
software
8.
Sasaran
bimbingan :
Peserta Didik
9.
Tempat
penyelenggaraan : LAB
KOM SMA ALMUTTAQIN
10.
Alokasi Waktu : 2
x 40 Menit
11.
Alat
perlengkapan yang digunakan : Komputer
12.
Rencana
penilaian : Sikap dan Pengetahuan
13.
Catatan :
RENCANA PELAKSANAAN BIMBINGAN TIK
Tahun
Pelajaran 2017 - 2018
1.
Standar
Kompetensi : 3.
Menggunakan
Perangkat Lunak Ms. Word Sebagai Pengolah Kata
2.
Rumusan Materi
: - Menunjukkan Menu dan Icon pada jendela Ms. Word
-
Menyebutkan Fungsi Menu dan Icon
-
Menggunakan Fungsi Menu dan Icon untuk pengolahan kata
3.
Materi
Pokok : - Menjelaskan tampilan jendela Ms. Word
-
Mengidentifikasi Menu dan Icon
-
Mendemonstrasikan cara menambahkan icon pada quick access toolbar
-
Mendemonstrasikan cara menampilkan dan menghilangkan tab dan ribbon
4.
Indikator : Menjelaskan Menu dan Icon beserta mengelola
tampilan jendela Ms. Word
5.&nbs
3.
Materi
Pokok : - Menjelaskan tampilan jendela Ms. Word
-
Mengidentifikasi Menu dan Icon
-
Mendemonstrasikan cara menambahkan icon pada quick access toolbar
-
Mendemonstrasikan cara menampilkan dan menghilangkan tab dan ribbon
4.
Indikator : Menjelaskan Menu dan Icon beserta mengelola
tampilan jendela Ms. Word
5.
Bentuk
Bimbingan TIK : Klasikal / Kelompok / Individual
6.
Pendekatan :
7.
Deskripsi
materi :
Menjelaskan menu dan icon beserta fungsi dari blok jendela Ms. Word beserta
mendemonstrasikan hiden dan view icon quick access toolbar
8.
Sasaran
bimbingan :
Peserta Didik
9.
Tempat
penyelenggaraan : LAB
KOM SMA ALMUTTAQIN
10.
Alokasi Waktu : 2
x 40 Menit
11.
Alat
perlengkapan yang digunakan : Komputer
dan Internet dan sistem edmodo
12.
Rencana
penilaian : Sikap dan Pengetahuan dan Keterampilan
13.
Catatan :
No comments:
Post a Comment