Belajar & Berbagi

Pengaturan Huruf di Ms. Word

--Awal Perubahan--
--KODE ADSENSE 1 HASIL PARSE--
Inti dari Ms. Word adalah pengolahan huruf, untuk pengolah huruf ini ada berbagai opsi yang harus di atur, hal ini sangat diperlukan sekali karena keterjelasan huruf membantu pembaca bisa menikmati tulisan yang dituangkan.

Sebagai langkah awal untuk pengaturan huruf ada di Tab Home kemudian ada group Font, seperti halnya terdapat pada gambar di bawah ini.


MERUBAH JENIS HURUF (BENTUK)

Perubahan jenis huruf sangat dibutuhkan untuk menampilkan jenis huruf yang berbeda sesuai dengan isi document, kalau sekiaranya kita sedang membuat document resmi sebaiknya gunakan jenis huruf yang balok, namun ketika sedang membuat documnet yang kurang resmi seperti halnya membuat lembaran pengumuman sebaiknya gunakan huruf yang memiliki keterbacaan bagus namun ada nilai seninya, bisa menggunakan huruf yang bersambung atau jenis huruf yang lain.

Cara untuk menggunakan Jenis / Bentuk yang berbeda bisa dimulai dari awal sebelum mengetik atau bisa juga pada saat sebuah document sudah di ketik.

Menentukan jenis huruf di awal (sebelum mengetik)

Cara merubah bentuk di awal sebelum mengetik sangat mudah sekali, tinggal klik Font Style atau bisa juga dengan short cut keyboard ctrl + shift + f maka akan muncul kota dialog Font. Dari kotak dialog ini kalian bisa memilih jenis / bentuk Font yang di inginkan.

Merubah jenis huruf (setelah tulisan di ketik)

Cara merubah huruf baik sebelum di ketik atau sesudah di ketik pada prinsipnya adalah sama, yang membedakan adalah objek / tulisan yang akan dirubah. Bilamana tulisan yang mau dirubah sudah ada maka hal ini TULISAN TERSEBUT HARUS DIBLOK TERLEBIH DAHULU baru kemudian bisa melakukan perubahan pada kata atau kalimat atau tulisan tersebut dengan cara yang sama seperti merubah huruf sebelum mengetik.

Pembelajaran Yang Penting
  1. Bisa melakukan blok pada huruf / tulisan / kalimat 
  2. Bisa melakukan perubahan jenis huruf atau menentukan jenis huruf di awal sebelum melakukan pengetikan.



Format Teks :

1. Merubah Ukuran Huruf
2. Mengatur Ketebalan
3. Tulisan Menjadi Miring
4. Tulisan Ada Garis Bawah
5. Merubah Warna Huruf
6. Subscript dan Superscript

PRINSIP DASAR UNTUK MELAKUKAN FORMAT TEKS YANG 6 DIATAS ADALAH HARUS BISA BLOK TEKS ATAU TULISAN DENGAN CARA DI DRAG MENGGUNAKAN MOUSE KEMUDIAN PILIH TOOL FORMAT FONT YANG DIINGINKAN








--KODE ADSENSE 2 HASIL PARSE--
--Akhir Perubahan--
Share:

No comments:

Post a Comment

Social Media

Popular Posts

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Sponshorship

Labels